Ini Dia 7 Manfaat Tidur Siang


*AXELUTE- Hai teman-teman, Di tengah aktivitas yang padat, badan kita butuh istirahat sejenak untuk mengembalikan energi dan konsentrasi. Ternyata, cara terbaik untuk refreshing adalah dengan melakukan tidur siang di tengah jam kerja. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini manfaat tidur siang bagi tubuh Anda:

1. Tidur siang meningkatkan daya ingat

Manfaat ini didapatkan dari sebuah studi yang dilakukan di Jerman. Pada penelitian ini, peserta diminta untuk menonton DVD dan mengingat kata-kata yang ada di dalamnya. Setengah dari peserta menonton DVD dan sisanya tertidur. Ketika ditanya tentang apa yang mereka ingat, kelompok orang yang tidur siang dapat mengingat lima kali lebih baik daripada kelompok yang menonton DVD.

2. Mengurangi Stres

Sebuah studi di tahun 2012 oleh Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menunjukkan bukti bahwa tidur siang dapat mengurangi hormon stres setelah kurang tidur sehari sebelumya. Meskipun tidak dapat disimpulkan bahwa seseorang dapat pulih dari stres setelah tidur siang, namun tidur siang sebentar dapat membantu mengendalikan hormon stres.

3. Mencegah penyakit jantung & stroke

Tidur siang pun ternyata juga mampu mencegah penyakit jantung, bayangkan jika kita sedang memaksakan diri untuk tidak tidur, padahal mata sudah “5 watt” pasti yang terjadi adalah jantung akan berdetak lebih kencang. Selain itu yang lebih parah lagi jika anda memaksakan meminum kopi atau minuman energi yang mengandung kafein tentu pasti berakibat buruk. Jika melakukan tidur siang singkat selama 20-40 menit setiap harinya akan dapat mengurangi resiko penyakit jantung serta stroke.

4. Meningkatkan Mood

Neurotransmitter serotonin mengatur suasana hati, tidur, dan selera kita, ia juga menghasilkan perasaan kepuasan dan kesejahteraan. Tapi ketika tubuh kita stres, serotonin yang digunakan juga lebih tinggi dan sementara produksinya berhenti. Akibatnya, kita bisa menjadi cemas, mudah marah, depresi, kewalahan, dan mudah terganggu. Menurut Mednick, “tidur siang menggenangi otak dengan serotonin, membalikkan efek tersebut dan menciptakan pandangan yang lebih positif.”

5.Meningkatkan produktivitas

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa Anda sebaiknya menyempatkan diri untuk tidur siang. Vincent Walsh, profesor dan peneliti otak manusia dari University College London menyebutkan bahwa waktu tidur siang adalah waktu terbaik untuk mengistirahatkan sejenak otak kita.

Walsh menambahkan, bahwa sejak revolusi industri, orang-orang cenderung menyibukkan diri pada pekerjaannya di siang hari dan menumpuk waktu tidur di malam hari, daripada menyempatkan tidur siang.

6.. Meningkatkan Fungsi Indera dan Kreativitas

Menurut ilmuwan napologist, Sara Mednick C., tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik sama efektifnya seperti tidur malam. Manfaat tidur siang juga meningkatkan kreativitas dengan memberikan berbagai ide baru dan membuka wawasan yang ada di otak anda.

7. Meningkatkan Kewaspadaan

Ada saatnya ketika kelopak mata sulit terbuka, terutama setelah makan siang dan anda mengalami kantuk berat. Jika sudah begini, anda tentu tidak melakukan pekerjaan dengan baik dan cepat. Setidaknya luangkanlah waktu untuk tidur siang dan kemudian kembali melanjutkan aktivitas seperti semula.

Sebuah studi dari NASA menemukan bahwa 40 menit tidur siang akan meningkatkan kewaspadaan sampai dengan 100%. Penelitian lain menemukan bahwa 20 menit tidur siang lebih efektif daripada 200 mg kafein atau olahraga. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa pilot yang diizinkan untuk tidur siang selama 25 menit (digantikan co-pilot) melakukan kesalahan lebih sedikit selama take-off dan pendaratan.

Menarik bukan teman-teman ? Mungkin hanya sekian ya info yang dapat saya sampaikan teman-teman, karena keterbatasan ilmu yang saya punya kurang lebihnya mohon maaf, semoga yang saya sampaikan memiliki manfaat kepada kalian, jika kalian menyukai postingan ini jangan lupa follow blog ini dan berikan like serta komentar ya teman-teman. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia 7 Manfaat Tidur Siang"

Post a Comment