Solo Ranked ? Siapa takut. Gunakan Trik Ini


Hai teman-teman hari ini saya akan berbagi informasi tentang bagaimana kalian dapat menang saat ranked sendirian .
Penyebab utama kita sering kalah main ranked sendirian itu bukan karena kitanya yang tidak bisa main atau musuhnya terlalu hebat, tapi alasan terbesar kita sering kalah diranked saat main sendiri itu karena sebagian besar pasti dapat team yang jelek alias bad teammate. Antara mereka suka afk, feeder, pick hero sesuka hati, atau yang paling parah bicara yang tidak jelas dan membuat suasana tim menjadi tambah kacau. Makanya untuk memperkecil kemungkinan kalah, ikutin cara-cara berikut.

1.Selalu Pick Best Hero yang Kamu Kuasai

Hero mudah: layla, Zilong, dan Miya
Jangan coba-coba menggunakan Hero yang belum pernah kamu pakai, karena semua player disini pasti main menggunakan hero terbaik yang mereka kuasai, jangan coba-coba build item baru ditengah permainan, atau lebih parah lagi menggunakan hero yang sebelumnya belun pernah dipakai (apalagi kalau heronya sulit seperti Fanny dan hayabusa = kalo feeder = auto lose), dan kalo bisa hindari beberapa hero yang kurang OP, walaupun game MOBA idealnya balance/seimbang, tapi kenyataannya ada beberapa hero yang cenderung lemah/weak dan jarang banget kita temukan di ranked mode, beberapa hero yang kurang balance seperti:
  • Sun (sejauh ini abis diupdate jadi gila/ ga ada gunanya)
  • Estes ( Hero yang udah bagus, tapi tergantung tim juga, Estes jalan sendiri bakal jadi tabungan berjalan)
  • Minotaur ( Badannya yang kekar layaknya banteng ngamuk, mungkin akan membuat nyali lawan ciut. Tapi, desain badan Minotaur tersebut seakan percuma karena tidak diimbangi oleh kemampuannya. Ia memiliki skill mode rage yang membuatnya menjadi raksasa dan mampu membuat musuh terombang-ambing jika berada dekat dengan Minotaur.Sayangnya, untuk mengaktifkan mode rage tersebut sangatlah sulit karena Minotaur harus mengisi full bar merahnya terlebih dahulu. Skill 2nya regenerasinya sangat payah mending pake balmond aja dah)
  • Ruby (sangat bergantung pada kerja sama tim, Ruby tanpa teamwork = sampah) Change (hero baru yang skillnya kacau, bahkan saya belum menemukan kombo yang pas untuk hero ini)

Sebaliknya, coba kuasai/pilih hero yang memang OP/kuat, pasti kita juga sering lihat hero ini di pick/diperebutkan dalam draft mode seperti:
Karrie (hero “tank killer” paling sering di ban alias auto banned hero)Hayabusa & Karina, Lancelot, Gusion, Cyclops, Chou, Zilong(tapi eranya udah selesai) & Roger

2. Jangan sembarangan ambil boost

Di Mobile Legends ada 2 monster hutan yang spesial yaitu Spinner (blue boost) dan Reaper (red boost), sekilas info blue boost berguna untuk ngurangin cooldown skill 20% dan yang paling penting mengurangi konsumsi mana 50% dan konsumsi energi (Fanny) 20%. Sedangkan red boost berguna untuk nambahin movement speed dan physical/magic damage.
Idealnya hero yang harus diprioritaskan untuk ngambil blue boost adalah:
Fanny, bagi Fanny blue boost segalanya , tidak ada item apapub yang dapat memperbanyak energi, karena itu Fanny sangat amat bergantung sama blue boost.Hayabusa, untuk spam semua skill terutama skill 1.Saber, untuk spam skill 1.Karina, untuk spam skill 1 & 2.Semua jenis mage, terutama mage yang boros mana seperti Vexana, cuma untungnya mage masih bisa kebantu sama item-item magic yang ngurangin cooldown dan nambah regenerasi mana, karena itu kita harus prioritaskan assassin terlebih dahulu.
Hero yang dilarang mengambil/mencuri blue boost dari tim:
Tank, Fighter dan marksman yang tidak boros mana atau kurang perlu spam skill. Hero yang ga pake sistem mana seperti Alucard, Lapu-lapu, Chou, dan Hilda.
Selanjutnya hero yang idealnya harus diprioritaskan untuk mengambil red boost adalah:
Semua hero marksman, karena mereka perlu farming lebih cepet dan inti lste game. Assassin/fighter hard carry seperti Karina, Zilong, Roger (hero-hero burst damage)
Untuk tank dilarang mengambil red boost karena fungsi tank adalah untuk CC (crowd control) dan defense, bukan menghasilkan damage, sesekali mage boleh mengambil red boost kalau memang damage dealernya lagi pada mati atau tidak sempat mengambil red boost.
Note: sekarang monster red & blue buff memiliki efek yang sama, efek buff disesuaikan dengan masing-masing role dari hero yang mengambilnya, namun prioritas hero diatas kurang lebih tetaplah sama.

3. Gunakan Hero yang Hebat dalam menculik

Agar lebih mudah dalam memenangkan game kalian perlu menggunakan hero-hero yang hebat dalam menculik musuh, ya berikut adalah daftar hero yang jago menculik di ML

4. Jangan Pernah Vote Menyerah

Ini adalah alasan kalah yang paling konyol di Mobile Legends, surrender di ranked mode cuma karena tim pake hero yang mau kita pake, atau komposisi hero berantakan, atau ada tim yang afk/feeding ditengah permainan. Ane sudah sering mengalami kondisi kaya gini, tim minta surrender cuma karena kalah level/gold (padahal masih bisa ditahan dan dikejar saat late game), atau komposisi tim berantakan (contoh mm ada 2), atau ada 1 player yang AFK, toh ane sudah sering epic comeback dari situasi tersebut, apapun alasannya jangan pernah menyerah/surrender di ranked mode seburuk apapun situasinya.
Ane pernah mengalami kondisi hampir kalah, semua tower ketiga (top, mid, bot) sudah hancur, deficit kill dengan tim musuh sampai 20 lebih, dan tim udah minta surrender, tapi ane tetap reject dan ada 1 temen tim yang juga reject, untungnya di menit-menit terakhir marksman musuh AFK, dan tim kita berhasil menang (epic comeback) dengan satu serangan balik (di late game respawn hero bisa sampai 60 detik, makanya jangan pernah surrender di late game karena apapun bisa terjadi).
Intinya adalah lebih baik tetap bermain sampai akhir walaupun kalah, kecuali kalau memang keadaannya sudah sangat sial seperti 2-3 temen AFK dari awal (auto lose situation), karena selama kita belum menyerah, kemungkinan menang masih ada.

5. Jangan Banyak Bicara yang Tidak Perlu

Namanya bermain Mobile Legends pasti sering emosi/labil dan akhirnya keluar kata-kata yang bikin suasana runyam, kalau tim kita cacat jangan pernah dihina separah apapun mainnya, berdasarkan pengalaman saya orang yang dihina akan marah-marah kepada kita sambil ngambek dan akhirnya AFK (SENGAJA AFK).
Kita tidak perlu ikut menjadi bocah yang emosional hanya karena game seperti ini, kesal mungkin boleh tapi tidak perlu bodoh dengan cara dilampiaskan saat lagi main karena cuma akan merusak/memperburuk keadaan,hanya karena keluar kata-kata “noobs”, “feeder”, “tolol bisa main ga”, malah akhirnya jadi saling bacot-bacotan sama tim sendiri dan malah fokus nge-chat bukannya main.
Memang mengesalkan kalo kita main udah bener, tau-tau dapet tim/temen cacat apalagi AFK dan feeder, tapi kadang kita sendiri juga pasti pernah salah dan cacat mainnya apalagi saat menggunakan Assassin, dalam kondisi seperti itu apa kita mau dibacotin sama tim sendiri? Kalau emang kita dapet tim yang cacat contoh kalau marksman tim kita masih terus ngutan padahal tower lagi diserang, kita bisa chat/komunikasi untuk defense tower, minta mereka baik-baik untuk jangan ngutan saat tower diserang, kalau kelakuannya ga berubah, ya terpaksa harus diterima dan move on, tetaplah main sebaik mungkin.
Selalu perhatikan juga mini map dikiri atas, kalau emang temen lagi kesusahan (kalah push) bantulah, banyak player yang masa bodo sama hal kaya begini, kalau mm lagi sekarat sebagai tank kita harus lindungin bahkan kalau perlu berkorban (lebih baik tank yang mati daripada mm karena marksman harus konsisten ngutan/farming sampai item core nya jadi), sialnya main sendiri tim kita kadang cuma mentingin kondisi dirinya sendiri, kurang aware sama map, ga liat kondisi tim yang lagi kalah, dan yang paling parah suka ada player “MVP wannabe” macam Zilong/Natalia yang push tower sendirian padahal tim lagi war atau turret lagi diserang, memang dalam kondisi tertentu bisa berhasil (tergantung situasi) namun yang sering saya lihat player macam gini bakal jadi feeder ujung-ujungnya (mati terciduk berkali-kali), karena kena gank dari musuh.

6. Perhatikan Waktu Bermain

Mobile Legends: Bang Bang adalah game semua kalangan. Dewasa anak-anak, perempuan atau laki-laki, semuanya memainkan game ini. Kalau kamu merasa anak-anak sering menimbulkan masalah di tim, atur waktu untuk fokus bermain game pada jam malam atau pagi saja.
Soal hari juga cukup penting. Jangan pernah memainkan game Mobile Legends saat hari libur di jam siang menjelang sore, karena anak sudah pulang sekolah. Kemungkinan besar kamu akan mendapatkan banyak kekalahan karena anggota tim yang kurang berkualitas.

7. Bermain Dengan Cepat

Jika teman-teman bermain terlalu lama item musuh dapat terlanjur sudah jadi dan malah membuat kita kesulitan, jadi usahakan bermain dengan cepat.
Dimenit tiga menjelang ke empat akan muncul turtle, usahakan membunuh turtle saat dia sudah muncul, karena dapat menabahkan exp dan gold tim( usahan membunuh turtle dua kali agar musuh tertinggal)
Saat sudah mencapai menit ke enam cobalah untuk membunuh lord bersama rekan satu tim (jangan solo takutnya bisa digank oleh musuh) agar kalian dapat mudah menghancurkan turent musuh dan usahakan saat sudah membunuh lord ada tiga orang yang mengkawalnya dan duanya lagi melakukan split push agar mumbuat konsentrasi musuh menjadi buyar.

Ya sudah dulu ya teman-teman, semoga informasi yang saya berikan kepada kalian semua bermanfaat dan jika kalian menyukai konten ini jangan lupa berlangganan dan like konten kami ya.

Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "Solo Ranked ? Siapa takut. Gunakan Trik Ini"

  1. Gan Share info tank terkuat di ML dong

    ReplyDelete
  2. gan Gw mau nanya nih, Lu GB savage make hero apa dah ?

    ReplyDelete
  3. coy bahasa lu kaku banget, ngelawak dikit napa

    ReplyDelete
  4. bang menurut ane sih chang'e itu kuat kok, buktinya banyak tuh pro player yang make

    ReplyDelete
  5. Woi cupu lu semua, masa make nama Anonymos

    ReplyDelete
  6. Biarin aja, namanya juga orang goblok

    ReplyDelete