Macam-Macam Portal di Minecraft

Hai teman-teman ,kalian pasti tahukan kalau Minecraft adalah game yang penuh misteri, ada banyak misteri di Minecraft mulai saat malam hari muncul zombie, laba-laba, Herobrine (saya tidak pernah menemukannya, mungkin hanya ada jika minecraft yang kita miliki memiliki mod di dalamnya), kita dapat membuat Bodyguard dari Iron Golem, membuat tentara dari Snow Golem, bahkan ada portal yang dapat membawa kita ke dunia lain.
Baca juga: Cara membuat Wither di Minecraft
Banyak orang yang membahas macam-macam portal yang ada di Minecraft, Sebenarnya ada berapa sih jumlah portal di Minecraft, dan apakah benar portal ke surga itu ada di Minecraft. Nah saya akan menjawab pertanyaan itu semua ya teman-teman

Ada berapa jenis Portal di Minecraft ?
Sebenarnya ada 3 jenis portal dalam game minecraft yang asli ( kalau yang mod mungkin bisa sampai 10) yaitu :

  • Nether Portal
Sumber : https://minecraft.gamepedia.com/Nether_portal
Nah ciri-ciri dari portal ini adalah memiliki bagian luar berwana hitam dan bagian dalam berwarna ungu. Portal  ini dibangun di bawah bingkai persegi panjang Obsidian .Obsidian dapat ditempatkan dengan cara apa pun. Cara membuat Obsidian adalah dengan Menuangkan satu buah ember berisi lahar ke arah air terjun atau kearah genangan air. 

Ketika seorang pemain di Overworld atau Nether berdiri di blok portal nether selama 4 detik, pemain akan dibawa ke dimensi lain. Pemain dapat keluar dari portal sebelum menyelesaikan animasinya loading untuk membatalkan teleport. Namun, di Creative, tidak ada waktu tunggu - pemain akan segera mentransfer antar dimensi. Jika sudah ada portal aktif dalam jangkauan (sekitar 128 blok) di dimensi lain, pemutar akan muncul di portal itu. Jika tidak, portal akan dibuat pada atau di dekat koordinat yang sesuai. Jika portal dinonaktifkan, dan portal yang cocok di dimensi lain digunakan sebelum diaktifkan kembali, portal baru dapat dibuat (bukan jika ada portal lain yang aktif dalam jangkauan). Kasus biasa untuk ini adalah ketika portal sisi Nether pemain dinonaktifkan oleh hantu, dan kemudian pemain meninggal di Nether dan kemudian kembali memasuki Nether. Namun, banyak portal dapat dieksploitasi ke pertanian obsidian.

Sebagian besar entitas dapat melakukan perjalanan melalui portal, termasuk mobs (kecuali Ender Dragon dan Enderman), item dilemparkan, dan bahkan kapal, minecarts atau kuda tanpa penumpang (baik mobs maupun pemain). gerobak dan minecarts bertenaga dapat melewati. Perhatikan bahwa serigala tidak akan melakukan perjalanan melalui portal di Edisi Konsol Legacy setelah pemain, tetapi dapat didorong. [Memverifikasi] Dengan demikian, kereta api antar dimensi terbatas pada kargo. Perhatikan bahwa massa memiliki waktu "mendinginkan" lebih lama daripada pemain, sehingga mereka tidak dapat kembali selama 15 detik, pada saat itu mereka akan mengembara atau diarahkan keluar dari portal. 

  • End Portal
Sumber : https://minecraft.gamepedia.com/End_portal
Nah yang ini adalah kunci dari menamatkan game Minecraft, saat kalian selesai membuat portal ini maka kalian akan dapat masuk ke dunianya Ender Dragon, jika kalian berhasil membunuh ender dragon maka  misi game Minecraft berhasil kalian tamatkan.

Dalam Survival, pemain harus menjelajah untuk mengaktifkan portal akhir yang sudah ada sebelumnya. Namun, di Creative, pemain dapat membangun portal akhir. Pemain membutuhkan 12 mata pengarah, dan harus membuat lingkaran blok bingkai portal yang membungkus 3 × 3 persegi, dan menggunakan Eye of Ender untuk mengaktifkannya.

Setelah menempatkan Eye of ENder di setiap blok portal portal ujung portal tertentu, portal mengaktifkan, menciptakan 9 blok portal akhir di dalam frame, dan memungkinkan pemain untuk mengakses End. Jika frame dihancurkan, blok portal akan tetap beroperasi. Dalam mode Kreatif, pemain dapat membuat portal mereka sendiri tetapi hanya akan mengaktifkan jika semua portal portal akhir ditempatkan dengan Mata menghadap ke dalam, yaitu ditempatkan dengan pemain berdiri di dalam ring dan tepat di depan bingkai yang mereka tempatkan . Mata tidak dapat dihapus dari blok portal.

  • Exit Portal
Sumber: https://minecraft.gamepedia.com/Exit_portal

Portal Exit selalu dan tetap dinonaktifkan sampai Ender Dragon terbunu., Dalam  Minecraft PE, jika semua blok portal dihancurkan (dalam mode kreatif misalnya), portal akan beregenerasi. Tidak diketahui apakah ini terjadi dalam versi lain.
Jika seorang pemain melewati Exit portal, kredit akan bergulir, setelah itu mereka akan pergi ke titik spawn mereka di Overworld. Jika entitas yang bukan pemain melewati, entitas akan dikirim ke lokasi spawn dunia.

Lalu ada pertanyaan apakah ada portal surga di Minecraft tentu jawabannya tidak ada, karena portal itu hanya fitur MOD buatas seseorang hacker dalam bermain minecraft.

Mungkin hanya sekian ya info yang dapat saya sampaikan teman-teman, karena keterbatasan ilmu yang saya punya kurang lebihnya mohon maaf, semoga yang saya sampaikan memiliki manfaat kepada kalian, jika kalian menyukai postingan ini jangan lupa follow blog ini dan berikan like serta komentar ya teman-teman


Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Macam-Macam Portal di Minecraft"