Daftar Teknologi yang Bisa Memusnahkan Manusia di Bumi


*AXELUTE- Hai teman-teman, ada gak sih hubungan antara kemajuan teknologi dan kehancuran manusia? Tentu ada dong ya. Dalam setiap hal terkandung dua hal, salah satunya baik dan buruk.
Baca juga: Inilah Kapal Perang Buatan Indonesia yang Banyak Dipuji Pemimpin Dunia
Jika teknologi diambil kebaikannya tentu teknologi berfungsi sebagaimana semestinya yaitu membantu umat manusia untuk menjalani kehidupan di dunia ini. Tapi jika sebaliknya, maka teknologi pun akan berfungsi sebaliknya yaitu menghancurkan manusia.

Salah satu tahap awal kehancuran umat manusia akibat teknologi ialah hilangnya kemanusiaan akibat dari hilangnya kesadaran manusia dalam menggunakan suatu teknologi. Tahap selanjutnya mungkin saja langsung berefek terhadap fisik yang artinya dapat mematikan manusia itu sendiri.

Nah, di bawah ini ada serangkaian teknologi yang jika tidak dimanfaatkan kebaikannya atau justru sengaja memanfaatkan keburukannya akan memusnahkan manusia. Apa aja ya kira-kira? Gak usah ngira-ngira deh, langsung aja yuk keepoin!

1 Kemajuan Teknologi dan Kehancuran Umat Manusia


Teknologi dan kehidupan manusia memang tidak bisa dipisahkan. Apalagi di era global yang segala aspek kehidupan manusia telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Tidak ada aspek kehidupan manusia yang tidak membutuhkan teknologi. Mulai dari komunikasi, transportasi, hingga perihal memasak pun kita selalu membutuhkan teknologi. Seperti semua hal yang ada di dunia, teknologi pun memiliki dua sisi. Selain sisi positif, ada pula sisi negatifnya. Jika teknologi tidak dimanfaatkan dengan baik atau bahkan disalahgunakan, bukannya membawa kebermanfaatan, teknologi justru bisa menjadi ‘senjata makan tuan’; menghancurkan umat manusia. Ada beberapa teknologi yang saat ini digunakan oleh manusia dan digadang-gadang bisa menghancurkan umat manusia itu sendiri, yakni teknologi nuklir, laser, drone, kecerdasan buatan, dan internet.

2 Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence)

Kecerdasan buatan memang teknologi yang masih tergolong baru. Teknologi ini baru ditemukan beberapa tahun lalu dengan membuat mesin-mesin yang diciptakan manusia yang dapat melakukan berbagai hal deng dengan sendirinya ( secaraotomatis) tanpa memerlukan manusia lagi. Kecerdasan buatan ini kelak bisa menjadi bumerang bagi manusia. Misalnya, jika kecerdasan buatan telah melampaui kemampuan manusia, sementara kemampuan manusia terbatas oleh evolusi biologis, hal tersebut akan membuat manusia tidak lagi diperlukan. Manusia akan tergantikan oleh kecerdasan buatan yang tidak mengenal lelah dan yang dapat dikontrol sesuka hati.

3 Teknologi Nuklir

Nuklir adalah teknologi yang menuai kontroversi sejak penemuannya pada masa Perang Dunia II. Teknologi nuklir memang telah banyak membantu umat manusia, terutama dalam pemanfaatannya sebagai sumber energi skala besar. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa di sisi lain nuklir membuktikan dirinya sebagai salah satu teknologi yang paling banyak memakan korban jiwa jika daya ledak nuklir digunakan sebagai senjata. Contoh paling nyatanya adalah peristiwa pengeboman kota Hiroshima dan Nagasaki.

4 Laser

Laser merupakan teknologi yang diciptakan dengan banyak sekali manfaat, seperti mengobati penyakit, alat pemotong material, membuat hologram dan sebagainya. Namun, saat ini negara-negara modern telah mulai mengembangkan teknologi laser sebagai salah satu senjata pertahanan mereka yang tentu saja suatu saat akan dilibatkan dalam perang. Melihat kenyataan ini, bukan tidak mungkin manusia akan menciptakan perang laser seperti yang kita lihat pada film Star Wars.

5 Drone (Pesawat Tanpa Awak) 

Teknologi drone pada awalnya diciptakan untuk melakukan pemotretan atau perekaman objek dari ketinggian yang tidak bisa dijangkau oleh manusia. Namun, belakangan ini teknologi drone dikembangkan untuk melakukan pengintaian. Jika semakin banyak negara yang mengembangkan drone untuk pengintai saat peperangan, dipastikan akan sangat banyak korban yang berjatuhan mengingat drone memiliki jangkauan yang sangat luas.

6 Internet

Siapa sangka teknologi internet yang saat ini digunakan oleh jutaan umat manusia ternyata bisa menghancurkan kehidupan? Internet memang memiliki manfaat yang amat sangat luar biasa, namun internnet juga mendatangkan bahaya yang bahkan lebih parah dari teknologi lainnya. Internet bisa saja digunakan oleh sejumlah pihak untuk melakukan manipulasi data dan informasi yang dapat memicu penipuan, pembunuhan, perpecahan, dan bahkan peperangan sekalipun. Bahkan internet pun bisa digunakan sebagai sarana untuk mengontrol dan mengawasi penduduk suatu negara. Nah, itu dia daftar teknologi yang bisa menghancurkan manusia. teknologi kan diciptakan manusia untuk memudahkan pekerjaan manusia. 

Jadi tentu saja baik tidaknya dampak penggunaan suatu teknologi bergantung pada baik tidaknya manusia yang menggunakannya. Jika baik, teknologi itupun akan baik bagi manusia, namun jika penggunanya tidak baik tentu teknologi pun bisa menghancurkan manusia, baik itu penggunanya maupun manusia secara keseluruhan. So, mulai sekarang bijak yuk menggunakan teknologi.


Menarik bukan teman-teman ? Mungkin hanya sekian ya info yang dapat saya sampaikan teman-teman, karena keterbatasan ilmu yang saya punya kurang lebihnya mohon maaf, semoga yang saya sampaikan memiliki manfaat kepada kalian, jika kalian menyukai postingan ini jangan lupa follow blog ini dan berikan like serta komentar ya teman-teman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Teknologi yang Bisa Memusnahkan Manusia di Bumi"

Post a Comment