Apakah ada benda lain yang lebih panas dari matahari ??


*AXELUTE- Hai teman-teman, matahari merupakan salah satu benda langit yang punya suhu sangat panas. Kira-kira, apakah ada benda lain yang lebih panas dari Matahari?
Baca juga: Amazon Ancam Periklanan Google
Suhu di permukaannya bisa mencapai 6000 derajat Celcius, sedangkan suhu di bagian dalamnya bisa mencapai jutaan derajat Celcius.

Kira-kira, benda langit apa yang suhunya lebih panas dari Matahari? Ayo kita cari tahu bersama, teman-teman.

Bintang

Matahari merupakan sebuah bintang. Seperti kita tahu, di ruang angkasa ada banyak sekali bintang. Jadi, bintang-bintang yang tersebar di ruang angkasa pasti banyak yang lebih panas daripada Matahari. Bintang yang lebih panas daripada Matahari biasanya punya ukuran yang lebih besar juga, dibandingkan Matahari.

Menurut artikel di The Conversation, bintang yang lebih besar dariMatahari bisa memiliki suhu ratusan juta derajat Celcius di bagian dalamnya. bintang yang lebih besar dari Matahari biasanya melakukan pembakaran lebih cepat di bagian dalamnya. Hal itu akan membuat bintang tersebut kehabisan energi dengan cepat. Beruntung, Matahari melakukan pembakaran dengan stabil, sehingga Matahari tidak cepat kehabisan energi dan bisa bertahan milyaran tahun.

Supernova

Saat bintang kehabisan energi, bagian dalam bintang akan jatuh ke pusat karena gravitasi, sedangkan bagian luarnya terpantul keluar. Kejadian ini disebut supernova. Suhu yang dihasilkan dari kejadian ini bisa mencapai jutaan derajat Celcius, lo, teman-teman.
Saat terjadi supernova, bagian bintang yang sangat padat bisa berubah menjadi bintang neutron atau lubang hitam. Benda ini bisa menyedot gas dan debu disekitarnya.

Kilonova

Dua bintang neutron bisa bergabung menjadi satu, peristiwa ini disebut kilonova.
Proses penyatuan dua bintang neutron ini bisa membuat benda-benda menjadi sangat panas, hingga jutaan derajat. Bercahaya Karena Panas, Bintang merupakan benda ruang angkasa yang bercahaya. Sumber cahaya mereka berasal dari panas yang mereka miliki, lo!
Berkat cahaya dari para bintang,ruang angkasa yang gelap jadi punya sinar dan indah saat dilihat dengan teleskop.

Menarik bukan teman-teman ? Mungkin hanya sekian ya info yang dapat saya sampaikan teman-teman, karena keterbatasan ilmu yang saya punya kurang lebihnya mohon maaf, semoga yang saya sampaikan memiliki manfaat kepada kalian, jika kalian menyukai postingan ini jangan lupa follow blog ini dan berikan like serta komentar ya teman-teman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah ada benda lain yang lebih panas dari matahari ??"

Post a Comment