Bahaya Main Smartphone Sebelum Tidur, Yakin Masih Mau Melakukannya?

Di jaman serba teknologi seperti sekarang ini, smartphone sudah menjadi “makanan” sehari-hari. Bahkan sering kita mendengera bahwa orang-orang lebih memilih untuk ketinggalan dompet daripada ketinggalan smartphone ketika bepergian, setuju gak?
Baca juga: Hati-hati, Jangan Sembarangan Membersihkan Luka Menggunakan Alkohol
Dalam satu hari, kita menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain smartphone mulai dari chatting, main games, berfoto, dan tentunya social media. Hal pertama yang kita cari saat bangun tidur adalah smartphone, begitupun sesaat sebelum tidur. Padahal, banyak kerugian yang bisa kita dapatkan ketika terlalu banyak bermain smartphone terutama saat malam hari menjelang tidur. Mau tau apa saja bahayanya?

Membuat Otak Kamu Lelah

Ketika kita terlalu lama menghabiskan waktu untuk bermain smartphone, apalagi di saat sebelum tidur, maka itu akan berpengaruh pada otak kita. Mengorbankan jam tidur untuk chatting, edit foto, scrolling social media tentu akan membuat otak kita lelah karena seharusnya saat itu kita sudah beristirahat tetapi waktu tidur kita malah digunakan untuk bermain smartphone.


Membuat Mata Kamu Rusak


Tentu saja selain membuat otak kita lelah, mata kita juga akan merasa lelah bahkan bisa mengalami kerusakan. Menggunakan smartphone sebelum tidur dalam keadaan ruang kamar yang sudah gelap dan hanya ada cahaya dari layar smartphone-mu bisa menjadi hal yang berisiko! Cahaya biru dari smartphone dapat membuat retina mata menjadi tegang bahkan bisa menyebabkan katarak. Hii, jangan sampai mata kita rusak hanya karena kebiasaan kita yang gak bisa lepas dari smartphone.

Kurang Produktif Pada Keesokan Harinya


Terlalu banyak menggunakan smartphone di malam hari tentu akan membuat kelelahan sehingga dapat berpengaruh pada kondisi kamu keesokan harinya. Jika kita bangun pagi dengan kondisi badan dan mata yang lelah, maka hari itu pun kita bisa gak produktif menjalani hari. Badan lelah, mata lelah, rasanya tuh mau rebahan aja gitu! Gak mau kan dimarahin dosen di kampus atau boss di kantor karena kita terlihat lesu atau malah sampai ketiduran?! Huh, malu deh!

Stress dan Depresi

Salah satu hormon di dalam tubuh manusia yang bernama melatonin adalah hormon yang diproduksi untuk memberikan ketenangan saat tidur dan membuat tidur kita menjadi nyenyak. Jika kita terlalu lama menghabiskan waktu untuk bermain smartphone sebelum tidur, maka tentu saja ini akan berpengaruh kepada jam tidur kita di dalam satu hari dan parahnya.. bisa sampai menyebabkan depresi jika terlalu sering kurang tidur karena hormon melatonin itu gak terproduksi oleh tubuh di saat badan kita terlalu lelah.

Perlu diingat, ketika kita sudah sampai ditahap stress dan depresi, kita gak hanya merugikan diri sendiri tapi juga merigukan orang lain yang terkena imbas dari perilaku kita.

Tubuh Menjadi Mudah Sakit



Kurang tidur pun bisa menyebabkan tubuh kita jadi sering lelah dan gampang diserang oleh berbagai penyakit. Gak mau kan tiba-tiba kamu jadi sering flu atau masuk angin karena semalam terlalu lama bermain smartphone sebelum tidur?

Nah, berhubung gadget yang kita mainkan pun disebut “smartphone”, seharusnya kita juga sebagai smart user bisa membagi waktu kapan harus bermain smartphone dan kapan harus berhenti. Jangan sampai hal-hal berbahaya yang disebutkan di atas bisa menimpa kita karena terlalu asik sampai lupa waktu bermain smartphone. Yuk, mulai sekarang atur waktu dan jangan lupa tegur teman kamu juga jika mereka salah satu pengguna smartphone, tapi gak “smart”, ya! Jika kalian menyukai postingan ini jangan lupa follow blog ini dan berikan like serta komentar ya teman-teman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Bahaya Main Smartphone Sebelum Tidur, Yakin Masih Mau Melakukannya?"

Post a Comment