8 Kondisi Kulit Saat Gatal Ini Justru Akan Bahaya Saat Digaruk

*AXELUTE- Hai teman-teman, menggaruk bagian kulit merupakan gerakan reflek setiap orang ketika merasakan sensasi gatal di area tertentu pada tubuhnya. Rasa gatal bisa muncul akibat faktor dari dalam maupun luar tubuh, sehingga menyebabkan kulit merespon sensasi gatal pada area kulit yang sedang sakit.
Baca juga: 5 Minuman Sehat yang Baik DIkonsumsi Sesudah Makan Berlemak
Namun, tidak selamanya menggaruk kulit pada area yang terasa gatal menjadi solusi. Bahkan dapat menyebabkan masalah kulit yang dialami menjadi lebih parah apabila digaruk. Dilansir dari berbagai sumber, berikut kondisi kulit yang akan makin parah ketika digaruk.

1. Menggaruk kulit kering justru akan membuatnya luka

Salah satu alasan saat gatal terjadi pada kulit adalah ketika lapisan kulit bagian luar kering. Namun, menggaruk kulit yang kering dapat mengakibatkan keretakan dan luka terbuka. Hal ini pun dapat memicu infeksi serius. Ditambah lagi bahan keras pada produk kecantikan dapat meresap masuk pada area kulit yang terbuka akibat digaruk. Solusi terbaik adalah dengan mandi air hangat kemudian oleskan krim pelembab pada saat kulit masih sedikit basah.

2. Menggaruk bukanlah jawaban untuk meredakan rasa nyeri akibat gigitan serangga


Bagaimanapun rasa gatal yang dirasakan ketika digigit serangga, tetap tidak dianjurkan untuk digaruk. Karena hal tersebut dapat menyebabkan peradangan serta bakteri yang dapat masuk ke dalam tubuh saat menggaruk bagian yang tergigit. Kamu dapat mengatasi rasa gatal akibat serangga dengan menempelkan kompres dingin pada area yang tergigit atau dengan mengoleskan salep anti gatal.

3. Lalu bagaimana pada rasa gatal di luka yang hampir sembuh?


Sensasi gatal umumnya sering terjadi pada luka kulit yang sedang dalam proses penyembuhan.

Menggaruk bagian luka yang hampir sembuh dapat mengakibatkan luka menjadi terbuka kembali. Kamu dapat meredakan sensasi gatal pada luka menggunakan kompres dingin untuk beberapa saat atau mengoleskan salep anti gatal jika rasa gatal tidak kunjung pergi.

4. Pernah gak merasa sakit ketika menggaruk kulit yang terbakar sinar matahari?


Seperti luka pada umumnya, kulit yang terbakar sinar matahari pun dapat menimbulkan kulit kering dan gatal. Cara mengatasinya adalah dengan menempelkan kompres dingin dan mengoleskan gel lidah buaya untuk meredakan rasa gatal, lalu krim cortisone untuk meredakan peradangan.

5. Gatal pada kulit karena eksema

Eksema atau Eksim pada dasarnya adalah kondisi kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit yang kering, kasar dan bersisik, serta rasa gatal yang tidak tertahankan. Eksema umumnya disebabkan oleh ketidakmampuan kulit mengatasi kuman dan bakteri.

Menggaruk hanya akan memperparah keadaan, bahkan bisa jadi kulit berdarah. Untuk meredakan gatal kamu bisa menggunakan kompres dingin atau mengoleskan krim hypoallergenic. Namun, apabila rasa gatal tidak kunjung reda segera temui dokter terdekat.

6. Hayo ngaku, siapa yang tak pernah merasa gatal pada rambut?

Hal yang juga dapat mengganggu penampilan ini pun terkadang dapat menyebabkan rasa gatal yang tidak tertahankan. Ketombe umumnya disebabkan oleh jamur bernama Malassezia, yang dapat menyebabkan iritasi dan pertumbuhan berlebih dari sel kulit kepala. Shampo anti ketombe adalah solusi terbaik untuk permasalahan ini. Karena di dalamnya mengandung zinc pyrithione dan selenium untuk melawan jamur tersebut.

7. Gatal pada kaki akibat kutu air

Walau dinamakan kutu air pada dasarnya masalah kulit ini disebabkan oleh jamur. Kutu air sering muncul pada sela-sela jari kaki karena faktor kulit yang lembab dan pengap. Menggaruk pun justru akan membuat masalah kulit ini dapat menyebar serta infeksi yang mungkin terjadi.

Oleskan sela-sela kaki yang terinfeksi dengan salep anti jamur dan apabila tidak memberi efek berarti, segera hubungi dokter.

8. Gatal karena ambeien juga bisa terjadi


Kondisi terakhir yang tidak boleh digaruk adalah pada saat ambeien. Ambeien atau biasa disebut dengan wasir ialah suatu kondisi di mana vena mengalami pembengkakan serta peradangan pada rektum dan anus yang menimbulkan ketidaknyamanan dan pendarahan.

Selain mengonsumsi obat, salah satu cara mengatasi gatal karena ambeien adalah dengan merendam bagian bawah tubuh dengan air hangat. Jika sudah selesai, keringkan menggunakan handuk dengan cara menepuk bagian yang gatal secara lembut dan jangan mengusapnya.

Segatal-gatalnya sensasi yang kita rasakan saat berada dalam kondisi salah satu di atas, menggaruk tentu hanya akan menjadikannya lebih parah sehingga lebih sulit untuk disembuhkan. Oleh karena itu, terus jaga kebersihan tubuh serta hindari hal-hal yang dapat merusak kulit agar terhindar dari berbagai masalah kulit.

Menarik bukan teman-teman ? Mungkin hanya sekian ya info yang dapat saya sampaikan teman-teman, karena keterbatasan ilmu yang saya punya kurang lebihnya mohon maaf, semoga yang saya sampaikan memiliki manfaat kepada kalian, jika kalian menyukai postingan ini jangan lupa follow blog ini dan berikan like serta komentar ya teman-teman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 8 Kondisi Kulit Saat Gatal Ini Justru Akan Bahaya Saat Digaruk"

Post a Comment