Alasan Mengapa Turnamen Wimbledon Mewajibkan Peserta Menggunakan Pakaian Berwarna Putih


Hai teman-teman, kali ini Saya akan membagikan Sesuatu hal yang menarik nih, kalian tahu olahraga tenis kan ? Yang mana, yang mainnya seperti bermain bulu tangkis loh, tapi yang dimainkan itu bola bukan bulu. Nah setiap tahunnya dalam ajang turnamen tenis membebaskan seluruh pesertanya menggunakan pakaian bebas kecuali disatu turnamen yang berda di Inggris yang disebut Wimbledon. 

mengapa hal tersebut dapat terjadi dan apa alasan mereka membuat peraturan tersebut ?


Tradisi berpakaian putih bermula sejak tahun 1800-an di Inggris.


Turnamen Wimbledon merupakan kejuaraan tenis profesional yang sangat melekat pada tradisi. Karena itu jangan heran bila semua petenis yang bertanding diharuskan mengenakan pakaian warna putih.

Warna putih yang terlalu lembut (off-white) dan krem tidak diizinkan untuk digunakan. Aturan jelas mengatur, hanya putih. Turnamen ini juga memiliki aturan tentang jumlah warna yang diizinkan untuk kerah baju, bagian lengan bawah dari baju (cuff of sleeves), atau ikat kepala.

Strip warna tidak boleh lebih lebar dari satu sentimeter. Logo pada pakaian yang terdiri dari pola juga tidak diizinkan.

Dikutip dari Independent, ide tentang pakaian warna putih di Turnamen Wimbledon berawal sejak 1800-an ketika orang-orang akan bermain tenis di acara-acara sosial. Pemain mengenakan pakaian putih untuk menghindari bercak keringat muncul pada pakaian berwarna, seperti yang dijelaskan dalam Tennis Fashions: Over 125 Years of Costume Changekarya Valerie Warren.

Warren mengungkapkan satu masalah yang harus ditangani sedini mungkin adalah keringat. “Karena adanya banyak gerakan di laga akan menyebabkan masalah keringat dan muncul bercak besar di kain berwarna,” ujar Warren.

Menurutnya, aturan ini diberlakukan khusus untuk wanita. Sebab, pada era itu, sangat tidak terpikirkan seorang wanita harus terlihat berkeringat.

Cukup Unik bukan pernyataan yang disampaikan oleh Warren. Mungkin hanya sekian ya info yang dapat saya sampaikan teman-teman, karena keterbatasan ilmu yang saya punya kurang lebihnya mohon maaf, semoga yang saya sampaikan memiliki manfaat kepada kalian, jika kalian menyukai postingan ini jangan lupa follow blog ini dan berikan like serta komentar ya teman-teman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alasan Mengapa Turnamen Wimbledon Mewajibkan Peserta Menggunakan Pakaian Berwarna Putih"

Post a Comment