Apa Itu Emulator ?



*AXELUTE- Hai teman-teman, sebagian besar dari Kalian pasti pernah mendengar kata Emulator. Nah pada kesempatan kali ini, Saya akan memberikan sedikit informasi tentang Emulator, disimak ya teman-teman....
Emulator adalah perangkat lunak (software) yang tidak lain adalah program yang dibuat untuk meng emulasi suatu aplikasi maupun game agar dapat berjalan atau dimainkan di sistem operasi lain. Karena ada banyak aplikasi yang hanya dapat berjalan pada satu sistem operasi (konsole). Sebagai contoh Pengguna ingin bermain game Super Mario yang biasa dimainkan pada konsole Nitendo (.ntd) maka yang perlu dilakukan adalah Komputer tersebut harus di pasangi Emulator Nitendo.

Tidak sebatas emulator Nitendo, karena di internet terdapat sangat banyak disediakan Emulator untuk konsol lain seperti Emulator Play Staion, Emulator Xbox dll.

Dalam memilih program emulator sebaiknya pilih yang singgle Emulator, artinya hanya berlaku untuk satu sistem konsole saja, karena dengan satu konsole saja biasanya akan menghasilkan emulasi yang nyaris sempurna dibandingkan tipe multi emulator atau untuk banyak sistem konsole.
 

Itulah Pengertian Emulator, yang belakang ini semakin populer karena banyak pengguna komputer yang berkeinginan untuk memainkan Game yang dulu populer dimainkan di konsole Nitendo, PS, PDA, Android, IOS dll.

Emulator atau lebih tepatnya peranti lunak emulator memungkinkan suatu program atau peranti lunak yang dibuat pada awalnya oleh suatu sistem komputer (arsitektur dan sistem operasi) dan untuk dijalankan dalam sistem itu (atau dijalankan dalam suatu sistem yang didedikasikan), dapat dijalankan dalam sistem komputer yang sama sekali berbeda. Sebagai contoh suatu program Windows dapat dijalankan di sistem operasi Linux dengan menggunakan peranti lunak emulator Wine. Ada pula program yang mengemulasikan suatu komputer dalam komputer, misalnya VMware. Contoh lain adalah program-program emulator untuk menjalankan permainan komputer yang awalnya hanya bisa dijalankan pada konsolnya masing-masing, misalnya Nintendo, Atari, PlayStation, XBox dan lain-lain. (https://id.wikipedia.org/wiki/Emulator)

Terdapat beberapa alasan dibuatnya emulator, beberapa di antaranya adalah ::

Para gamer ingin bernostalgia dalam menjalankan program-program lama, umumnya permainan komputer (game) yang konsol atau sistem operasinya tidak diproduksi lagi saat ini,
Menjalankan peranti lunak yang dibuat hanya untuk platform-platform tertentu,
dan dewasa ini;

Memeriksa program-program yang dibuat oleh platform berbeda untuk dijalankan pada platform yang lain. Sebagai contoh misalnya pembuatan program atau peranti lunak pada PDA atau telepon genggam yang terlebih dahulu diemulasikan di komputer personal (PC).

Kebanyakan emulator tidak mampu untuk secara sempurna meng-emulate sistem yang hendak ditirunya. Contoh dari ketidaksempurnaan tersebut adalah problem pada timing (framerate yang lambat), gambar atau efek video yang tidak benar, suara yang kacau atau bahkan tidak bersuara sama sekali, problem di joystick, dan lain sebagainya.
 

Emulator terdiri dari 2 jenis: single-system/dedicated emulator dan multi-system emulator. Single-system/dedicated emulator hanya dapat meng-emulate 1 jenis sistem, sedangkan multi-system emulator dapat meng-emulate beberapa jenis sistem sekaligus. Pada dasarnya kualitas single-system/dedicated emulator lebih baik daripada multi-system emulator karena hanya didesain khusus untuk 1 jenis sistem sehingga kemungkinan untuk terjadi compatibility problem dapat diminimalisasi. Selain itu kebutuhan resources untuk single-system/dedicated emulator biasanya lebih kecil dibandingkan multi-system emulator.
Mungkin Anda bertanya, apakah semua sistem sudah diemulate? Jawabannya, tergantung. Ada 3 faktor utama yang menentukan kemungkinan suatu sistem diemulate atau tidak:
             Kepopuleran: Semakin populer suatu sistem, maka semakin banyak orang yang berusaha untuk meng-emulate sistem tersebut.
             Tersedianya informasi: Semakin banyak informasi yang tersedia tentang suatu sistem (baik hardware maupun software) akan amat membantu proses penulisan emulator.
             Kesulitan teknis: Banyak sekali game yang diproteksi dengan menggunakan enkripsi. Hal ini akan membuat sulit mengemulasi sistem tersebut. Selain itu, sistem baru seperti halnya Playstation 2 juga sulit untuk diemulasikan karena kebanyakan komputer belum memiliki processing power yang kuat untuk mengemulasikan sistem yang baru.

Menarik bukan teman-teman ? Mungkin hanya sekian ya info yang dapat saya sampaikan teman-teman, karena keterbatasan ilmu yang saya punya kurang lebihnya mohon maaf, semoga yang saya sampaikan memiliki manfaat kepada kalian, jika kalian menyukai postingan ini jangan lupa follow blog ini dan berikan like serta komentar ya teman-teman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Emulator ?"

Post a Comment